Selamat Datang

Tuesday, August 18, 2020

TARI MODUAI ATAU TARI PENYAMBUTAN TAMU

Tari Moduai merupakan tarian yang berasal dari kabupaten tolitoli sulawesi tengah, tarian ini di gunakan pada acara-acara penyambutan tamu yg berkunjung ke kabupaten tolitoli.

Pada zaman kerajaan dikabupaten tolitoli, tari ini sering di gunakan untuk menyambut para tamu-tamu kerajaan yang berkunjung ke tolitoli.




Pada prosesi penyambutan tamu di dahului dengan tarian MARAGAI (pencak silat) kemudian di sambut oleh salah seorang keluarga dari pihak kerajaan dengan menggunakan seutas kain yang di buat menyerupai tali yang di sebut dengan UDA-UDA, tali tersebut di berikan ketangan tamu tersebut lalu di bawah memasuki ruangan dan di sambut dengan tarian moduai.

Sampai sekarang tarian tersebut masi digunakan oleh masyarakat maupun oleh pemerintah daerah kabupaten tolitoli untuk menyambut tamu daerah atau pada acara-acara pesta perkawinan untuk menyambut mempelai pria.

Tari ini di iringi dengan menggunakan beberapa alat musik tradisional seperti Gendang atau gagandang, kulintang atau gulintang, Gong atau Pamandi.

1 comment: